BPDPKS Promosikan UMKM Sawit kepada Dekranasda Se-Indonesia

Kompas.com - 13/06/2024, 10:21 WIB
A P Sari

Penulis

Talkshow Women Program HUT ke-24 Apkasi di Gedung Bhawarasa, Kompleks Pendopo Bupati Trenggalek, Sabtu (8/6/2024).DOK. BPDPKS Talkshow Women Program HUT ke-24 Apkasi di Gedung Bhawarasa, Kompleks Pendopo Bupati Trenggalek, Sabtu (8/6/2024).

KOMPAS.com - Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melakukan promosi usaha mikro kecil menengah (UMKM) sawit kepada para Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda) se-Indonesia.

Acara itu dituangkan melalui talkshow Women Program yang termasuk dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia ( Apkasi) di Gedung Bhawarasa, Kompleks Pendopo Bupati Trenggalek, Sabtu (8/6/2024).

Ketua Dekranasda sekaligus Ketua Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Trenggalek Novita Hardini menyampaikan, Apkasi memiliki misi besar agar seluruh perwakilan kabupaten bisa memberikan teladan dan berkontribusi bagi Indonesia.

Sementara itu, Kepala Divisi Usaha Kecil Menengah dan Koperasi BPDPKS Helmi Muhansyah menyampaikan, berbagai peluang usaha berbasis UMKM sawit yang dapat dikolaborasikan dengan Dekranasda kabupaten-kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca juga: Inovasi Pemanfaatan Limbah Kelapa Sawit di Indonesia

“Berbagai produk berbasis turunan sawit yang dapat dikembangkan, antara lain produk pangan dengan minyak sawit merah, batik yang dibuat dengan malam dari sawit, kerajinan dari lidi sawit, sabun dan lilin dari turunan sawit, helm sepeda, helm proyek, dan helm motor," jelasnya lewat siaran pers, Rabu (12/6/2024).

Kemudian, dia melanjutkan, gula dari batang sawit hasil replanting, serta inovasi kecap dari sawit yang saat ini banyak dikembangkan.

BPDPKS, sebutnya, telah melakukan berbagai program kemitraan UMKM, mulai dari workshop UMKM sawit naik kelas dengan berbagai tema pemanfaatan produk berbasis sawit hingga kegiatan promosi melalui Semarak UMKM Sawit dan Gebyar UMKM Sawit.

"BPDPKS juga memberikan dukungan kepada UMKM berbasis sawit untuk mempromosikan produknya ke luar negeri," ujarnya.

Baca juga: Miliki Manfaat yang Luas, Minyak Kelapa Sawit Disebut Paling Potensial untuk Diolah Jadi Energi

Sebagai informasi, narasumber lain yang hadir pada kegiatan itu adalah Ketua PKK Kabupaten Bandung Emma Dety Dadang Supriatna yang menyampaikan materi sinergi dan kolaborasi program TP PKK Kabupaten Bandung dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dalam meningkatkan UMKM.

Hadir pula owner Batik Trusmi, Selly Giovanny, yang menyampaikan materi "Penguatan Dekranasda melalui peningkatan Kapasitas UMKM".

Bagikan artikel ini melalui
Oke