Pentingnya Literasi untuk Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Jabar

Kompas.com - 21/04/2019, 12:23 WIB
Anissa DW,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki beberapa solusi untuk meningkatkan literasi masyarakat Jawa Barat. Salah satunya dengan menggelar Festival Literasi bertema Habis Gelap Terbitlah Terang,? yang digelar di halaman Kantor Gubernur Jawa Barat, Sabtu, (20/4/2019).Dok. Humas Badan Negara Perpustakaan Nasional Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki beberapa solusi untuk meningkatkan literasi masyarakat Jawa Barat. Salah satunya dengan menggelar Festival Literasi bertema Habis Gelap Terbitlah Terang,? yang digelar di halaman Kantor Gubernur Jawa Barat, Sabtu, (20/4/2019).

KOMPAS.com – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku perlu untuk menggalakan literasi di daerahnya. Sebab, dia khawatir dengan masyarakat yang banyak menghabiskan waktunya bergaul dengan handphone.

Menurut dia, rata-rata masyarakat menghabiskan waktu empat jam sehari bermain handphone. Dari kegiatan tersebut, masyarakat rentan mendapatkan informasi yang tidak jelas bahkan hoaks.

“Hoaks itu diakibatkan karena membaca sepintas, kurang punya kemampuan memahami informasi. Habis waktu untuk bahas hal-hal yang tidak jelas,” ungkapnya.

Ridwan mengaku punya solusi untuk mengatasinya. Setelah sukses dengan 'Kolecer', dia meminta setiap kepala daerah di kabupaten/kota di Jawa Barat untuk menambahkan infrastruktur kolecer sebanyak mungkin.

Selain itu, pemerintah provinsi (pemprov) Jabar akan menggalakkan budaya baca di tiap jenjang pendidikan, minimal sebelum masuk kelas. Bukan buku pelajaran, melainkan buku-buku fiksi atau pengayaan pengetahuan lainnya. Program satu desa satu perpustakan juga akan digulirkan.

"Saya juga akan meminta setiap kepala dinas untuk membaca minimal satu buku per bulan lalu meresumenya," lanjut Gubernur.

Seperti diketahui, jumlah penduduk Jabar merupakan 38 persen dari total penduduk Indonesia, namun tingkat literasinya masih masuk kategori sedang, yakni 68,18 persen. Oleh karena itu, apapun program literasi yang dicanangkan harus didukung.

"Membaca itu sama dengan mengubah pola pikir sempit menjadi luas. Dari yang apa adanya menjadi komprehensif,” terang Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (21/4/2019).

Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando, mengapresiasi niat baik gubernur yang ingin menjadikan literasi sebagai upaya mensejahterakan masyarakatnya.

Secara sederhana literasi bisa diartikan sebagai kemampuan mengenal kata, menyatakan pendapat, dan menciptakan barang dan jasa.

Festival Literasi disemarakkan oleh penampilan kolaborasi siswa tuna rungu dan tuna netra, performance dari para istri Forkopimda dan Bhayangkari, pameran perpustakan dan produk kerajinan dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat, serta aksi flash mob Ayo Membaca oleh Ferry Curtis.Dok. Humas Badan Negara Perpustakaan Nasional Festival Literasi disemarakkan oleh penampilan kolaborasi siswa tuna rungu dan tuna netra, performance dari para istri Forkopimda dan Bhayangkari, pameran perpustakan dan produk kerajinan dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat, serta aksi flash mob Ayo Membaca oleh Ferry Curtis.

"Bandung adalah kota yang dinamis, sehingga saya berharap dibawah kendali Gubernur Ridwan Kamil, masyarakat Jawa Barat akan memasuki babak baru dalam hal kecerdasan," ungkap Syarif.

Festival literasi

Upaya lain untuk mendukung gerakan literasi di Jabar adalah menggelar Festival Literasi bertema "Habis Gelap Terbitlah Terang,” yang digelar di halaman Kantor Gubernur Jawa Barat, Sabtu, (20/4/2019).

Festival Literasi yang digelar bertepatan dengan momen peringatan Hari Kartini itu memiliki makna penting. Sebab, Kartini memiliki peran penting sebagai salah satu inspirator penggerak literasi pada zamannya.

"Kartini adalah sosok wanita yang suka dengan membaca dan melakukan korespondensi ke sejumlah sahabat-sahabatnya," ucap Bunda Literasi Jabar Atalia Pratatya.

Pada festival tersebut dilakukan penandatanganan Deklarasi Literasi oleh Gubernur Jawa Barat, Kepala Perpustakan Nasional, Bunda Literasi Jawa Barat, Kepala Kantor Bank Indonesia Regional Jawa Barat, dan Direktur Bank Jabar Banten.

Festival Literasi turut disemarakkan oleh penampilan kolaborasi siswa tuna rungu dan tuna netra, performance dari para istri Forkopimda dan Bhayangkari, pameran perpustakan dan produk kerajinan dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat, serta aksi flash mob 'Ayo Membaca' oleh Ferry Curtis.

Tak hanya itu, Ridwan Kamil juga memberikan penghargaan kepada pedongeng terbaik dari para bunda literasi di Jawa Barat, pemenang lomba bercerita tingkat SD, pustakawan terbaik, perpustakan sekolah, dan penerbit aktif dari perguruan tinggi dan swasta. (Hartoyo Darmawan/Perpusnas)

Terkini Lainnya
Pustakawan Ahli Utama Jelaskan Pentingnya Data untuk Perpustakaan
Pustakawan Ahli Utama Jelaskan Pentingnya Data untuk Perpustakaan
Perpustakaan dan Kepustakawanan
Soft Skill Jadi Bekal Pustakawan Hadapi Disrupsi Revolusi Industri 4.0
Soft Skill Jadi Bekal Pustakawan Hadapi Disrupsi Revolusi Industri 4.0
Perpustakaan dan Kepustakawanan
Bagikan artikel ini melalui
Oke